Rabu, 17 September 2008

YM! Conference dengan Pak Budi Rahmat

Alhadulillah YM! Conference yang diprakarsai member milis IEU bisa terlaksana pada tengah malam menjelang sahur...:) hari Rabu-Kamis jam 23.00 - 01.30 dihadiri oleh 30-an peserta.
Berikut petikannya:
------------------------------------------------
rintomalang: Langsung mulai saja
wuryanano: perlu di sms kali :))
bigthinks: nanti pak budi kasi prolog apa itu konsep kiyosaki
bigthinks: abis itu silahkan kalo ada y kurang jelas
bigthinks: silahkan pak budi
budi_rachmat: all..., kemaren saya udah email prolog-nya.... udah terima...???
didikekotjahjono: belum boss
rizalek: wah pasti panjang paaak prolognya ... liat email pak Budi aja dulu ... :-)
nagudz: belum pak
zhillanmujiran: sudahh pak
bigthinks: ada y belum baca pak
bigthinks: kasi gambaran singkat aja
budi_rachmat: Intinya ada 4 konsep, yaitu....
budi_rachmat: 1. Punya TUJUAN/TARGET yang jelas.... 2. Melek Financial...... 3. Cashflow Quadrant..... 4. Tiga Kendaraan untuk menjadi KAYA RAYA....
rizalek: noted. pak Budi ...
budi_rachmat: Targetnya adalah menjadi KAYA.... yaitu memiliki PASSIVE INCOME 3x > daripada Expenses
cancan_nur: selamat malam semwa
nagudz: mlm mas Can
budi_rachmat: jadi KAYA adalah memiliki INCOME yang tinggi.... melebihi Expenses/kewajiban kita....
didikekotjahjono: :-$ can... dah mulai
lyavita_anandha: hallo pak didik
didikekotjahjono: :-$ lya..dah mulai
bigthinks: mohon y baru gabung langsung ikuti aja
budi_rachmat: KAYA juga relatif.... untuk yang Expenses-nya 3juta.... punya Income 9juta udah masuk kategori KAYA...
budi_rachmat: sedangkan MELEK Financial.... yaitu mengetahui uang masuk darimana, uang keluar untuk apa...
budi_rachmat: Melek Financial artinya memiliki catatan KEU ala KIYOSAKI...
budi_rachmat: yaitu catatan Cashflow, yang terdiri dari INCOME dan EXPENSES
budi_rachmat: dan catatan HARTA yang terdiri dari ASSET dan LIABILITI....
budi_rachmat: prinsipnya.... yang disebut ASSET hasilnya harus ada di kolom INCOME... sebaliknya...
budi_rachmat: yang disebut LIABILITI hasilnya harus ada di kolom EXPENSE....
wuryanano: :) 'lum mulai
budi_rachmat: LALU konsep Cashflow Quadrant.... atau kuadran E,S,B dan I... hubungannya dengan WAKTU yang kita miliki untuk memperoleh INCOME...
zhillanmujiran: waalaikum salam wr wb
budi_rachmat: kuadran E dan S adalah ACTIVE INCOME.... karena untuk mendapatkan INCOME darisini kita perlu membarter WAKTU yang kita miliki....
zhillanmujiran: ups sory
wuryanano: :-B
budi_rachmat: masalahnya waktu kita terbatas..... yaitu 24jam dalam sehari.....
budi_rachmat: kuadran B dan I adalah PASSIVE INCOME.... karena INCOME dari sini tidak menggunakan WAKTU yang kita miliki....
budi_rachmat: saat ini saya punya 4 sumber income dan ke-4-nya adalah PASSIVE INCOME.... yaitu dari 2 unit Alfamart dan 2 unit properti sewaan...
budi_rachmat: jadi kerja atau tidak kerja saya punya income yang rutin.....
budi_rachmat: konsep ke-4 adalah Tiga KEndaraan untuk menjadi KAYA RAYA....
budi_rachmat: yaitu.... BIZ, targetnya CASHFLOW
budi_rachmat: Properti, targetnya CASHFLOW...
budi_rachmat: Paper Asset, targetnya CAPITAL GAIN....
budi_rachmat: keterangan di atas adalah konsep-nya.... atau apa yang saya sebut "Wealth Strategy ala KIYOSAKI"....
wuryanano: :-w
budi_rachmat: sedangkan untuk mulai melakukan hal tsb diperlukan ALASAN YANG MENGGERAKAN.....
budi_rachmat: alasan saya adalah demi anak saya.... karena nanti tahun 2015 saya akan pensiun dan uang pensiun tidak akan cukup untuk
budi_rachmat: membiayai pendidikan anak saya.... terutama yang ke-2 dan 3....
rob_bourdon17: hai pak didik
rob_bourdon17: hai semuanya
rob_bourdon17: sori nih ga bisa ikutan
purwokowidodo: malem :)
rob_bourdon17: bareng temen2 mau ngadain sahur on the road dulu
bigthinks: mohon y baru gabung langsung ikuti aja
rob_bourdon17: nanti aku save aja ya conference nya
rob_bourdon17: aku jgan di kick keluar
rob_bourdon17: ehhehehe
rob_bourdon17: ok t
rob_bourdon17: thxxxx
budi_rachmat: konsep lain yang saya terima/dapatkan dari EU adalah Otak KIRI dan Otak KANAN....
frisky_sylvester: waduh malem banget :D
budi_rachmat: OK.... ada yang mo nanya....
bigthinks: silahkan kalo ada y mau nanya?
wuryanano: halo mas Adib Chen
lyavita_anandha: pak budi yg ikutan TDW club juga khan?
bigthinks: langsung pertanyaan ... please
wuryanano: lho tadi preambul nya belum?
budi_rachmat: Yap.... saya ikut milist TDW, EU, IYE,dsb.dsb.dsb.dsb....
hasan_basri89: ? ( tanya Pak)
bigthinks: ok boz
hasan_basri89: Pak Budi, setelah melalui tahapan dari cashflow kiyos, apa jadi fokus Pak Budi sekarang?
zhillanmujiran: maaf..pk priyo tlng d add rekan sy riki_mpc@yahoo.com
bigthinks: ok
budi_rachmat: setelah CASHFLOW atau INCOME saya mencapai 3x > daripada Expense.... saya invest di Paper Asset.... dan sekarang di mining....
didikekotjahjono: budi_rachmat: Yap.... saya ikut milist TDW, EU, IYE,dsb.dsb.dsb.dsb....hehe pak Budi mah "bebas roaming" ada dimana mana hehe
kiki_3x_fulll: Tanya pak
budi_rachmat: menurut saya konsep KIYOSAKI sangat logis.... dan relatif save untuk dicoba...
didikekotjahjono: @pak budi..bukannya justru "terbalik" pak? anda memulai / memantapkan dulu passiver income dimana pendapatanya relatif "lambat" namun rutin...baru belakangan masukke massive income sepertilangsung terjunke bisnis mining?
didikekotjahjono: perkembangan terkini...harga saham / kinerja bisnis mining ..."hancur2 an" pak..minyak dah dibawah USD 100 tuh
budi_rachmat: benar pak Didik.... saya bangun dulu Passive Income-nya ..... sekarang sedang ichtiar untuk mendapatkan Massive Income....
kiki_3x_fulll: Apakah on the bisnis bisa menimbulkan korupsi parakariawan
arianto.bagus: yg hancur2an itu saham nya mining pak, kalo bisnis mining sendiri saya rasa tetep bagus
didikekotjahjono: hmmm..bukan kebalik pak?
didikekotjahjono: mestinya kita akan ,ebi bisa mengumpulkan aset
didikekotjahjono: melalui massive / active income dulu
budi_rachmat: kebalik gimana pak Didik...???
didikekotjahjono: sy yakin ROI , ROE, BEP dll semua parameter finansial, akan lebih "memihak" apabila kita mendahulukan melakuakn active income berupa langsung terjun ke bisnis
didikekotjahjono: baru kalo dah terkumpul sejumlah cash / aset..baru masuk ke passive income...
bigthinks: bentar pak budi
didikekotjahjono: yg dimana sifat dia lebih = lambat namun stabil?
bigthinks: mungkin bapak bisa jelasin sebelum jalanin konsep kiyosaki
bigthinks: status bapak apa? employe or pebisnis
budi_rachmat: yang saya lakukan dulu (ketika masih bekerja/makan gaji) adalah membuat Catatan KEU ala KIYOSAKI....
bigthinks: kan banyak y belum tau pak
didikekotjahjono: Bagus Arianto: yg hancur2an itu saham nya mining pak, kalo bisnis mining sendiri saya rasa tetep bagus << saham perusahaan terbuka (Tbk) hemat sy menunjukkan = kinerja keuangan perusahan tsb = kinerja bisnis itu sendiri
bigthinks: santai dulu mas didik
arianto.bagus: tidak selalu pak, kadang sentimen jauh lebih kuat daripada kondisi aktual
bigthinks: biarin pak budi jelasin awal cerita beliau
lyavita_anandha: ceritain pak
zhillanmujiran: lanjut pak budi
arianto.bagus: spt kondisi Unilever sekarang, dia salah apa? tapi terseret sentimen jadi ikut anjlok
budi_rachmat: status saya.... Direktur dan Owner dari PT. Tiga Bintang (ritel), PT. Dharma Energy Pratama dan PT. Pratama Energy Bersama (mining)...
bigthinks: ok pak
bigthinks: lanjut
didikekotjahjono: ok..lanjut dulu..
budi_rachmat: Paper Asset, targetnya Capital Gain.... dan umumnya kita tidak punya kontrol dalam investasi ini.... pasar lah yang menentukan... atau yang mengontrol....
bigthinks: lanjut awal ceritanya pak
bigthinks: pasti menarik u temen2
budi_rachmat: karena PASAR yang menentukan jadi keputusan saya tinggal.... mau ikut terus atau keluar dari pasar....
bigthinks: bentar pak
bigthinks: pas jadi direktur dulu trus bapak ngapain dulu
budi_rachmat: FYI.... di Unilever saya adalah Commodity Buyer.... komoditinya adalah CPO, CNO dan turunannya, Gula Putih, Gula Merah, Beras, kedele, termasuk BBM...
budi_rachmat: cerita awal saya begini....
budi_rachmat: 12 bulan sebelum keluar dari kantor.... saya buat Catatan KEU ala KIYOSAKI....
hendy0903: makasih om didik..:)
budi_rachmat: dari sana saya amati.... ternyata ASSET saya (yang menghasilkan INCOME) hanya dari "status pegawai"....
wuryanano: lho...saya kok hanya baca tulisan mas Priyo dan mas kiki_3x
budi_rachmat: selebihnya adalah LIABILITI.... yang menyebabkan saya keluar uang atau Expenses....
wuryanano: mas Budi Rachmat apa sdh nulis?
rizalek: makin menarik pak Budi ...
budi_rachmat: lalu saya coba memindahkan Liabiliti yang ada agar menjadi Asset.... yaitu saya jual Properti yang liabiliti dan membeli properti sewaan (Asset)....
bigthinks: lanjut pak
budi_rachmat: hasil sewa properti tsb ternyata besarnya hampir 40% dari gaji saya per bulan.... artinya dengan melakukan hal tsb INCOME saya udah naik sebesar 40%...
wuryanano: di YM saya kok nggak muncul tulisannya?
didikekotjahjono: @pak nano..bapak out aja dulu pak sementara, nanti kita invite lagi..biasa ada yg error :)
rizalek: sik sik I dont get it, pa Budi ... :-(
rizalek: oooo income dr ZERO yaaa ...
rizalek: maaf ...
wuryanano: ok saya out dulu..entar invite lagi ya
budi_rachmat: income saya dari properti sewaan PLUS alfamart besarnya kurang-lebih 180% dari gaji saya.... jadi waktu saya keluar kerjaan income saya udah lebih besar 80% dari gaji.... ini yang saya maksud "save"....
riki_mpc: boz ngobrol2 ttg alfamart
zhillanmujiran: more than save donk pak..
riki_mpc: au punya lahan strategis
didikekotjahjono: @pak nano. dah keliatan pak semua tulisan tteman2?
budi_rachmat: LALU saya tetapkan TARGET (=KAYA saya) itu berapa sich.... yaitu ketika saya memiliki Passive Income sebesar 50juta per bulan....
budi_rachmat: targetnya jelas yaitu Income sebesar 50juta per bulan.... jadi waktu berinvestasi saya tau.... hasilnya mendekatkan pada target saya atau tidak....
rizalek: expense pa Budi, 1/3 x 50jeti ya ...
rizalek: :-)
bigthinks: lanjut pak
budi_rachmat: saya sendiri tidak memusingkan apakah saya karyawan atau pebisnis.... yang penting INCOME-nya....
imelnya_muksin: oh
rizalek: cocok ms Bukhin ... :-)
budi_rachmat: eXpense saya waktu itu sebesar 13juta....saya bulatkan menjadi 15juta.... saya kali 3 menjadi 45juta... dibulatkan ke atas menjadi 50juta....
budi_rachmat: target saya Mei tahun ini (2008) memiliki Income (active dan Passive) sebesar 150juta per bulan....
budi_rachmat: belum tercapai..... mudah2an Mei tahun depan tercapai....
bigthinks: gimana pak budi?
budi_rachmat: pak riki_mpc punya "lahan strategis".... coba anda hubungi pihak Alfamart.... buat mereka lahan tsb "strategy" apa ngakkk...???
didikekotjahjono: pak budi saat ini komposisi pasif income dan aktif income nya dominan mana?
budi_rachmat: saat ini saya ngak punya active income...
didikekotjahjono:
Didik Eko Tjahjono: pak budi saat ini komposisi pasif income dan aktif income nya dominan mana?
budi_rachmat: saat ini saya ngak punya active income... << hehehe..berarti dah masuk kriteria "kaya" ala Kiyosaki ya pak :)
hasan_basri89: Atau maksudnya dari beberapa pilihan investasi Pak Budi, mana yang memberikan ROI terbaik?
budi_rachmat: yang penting.... coba buat catatan KEU ala KIYOSAKI..... menarik sekali dech....
zhillanmujiran: tanya pk budi
zhillanmujiran: tung daripada BO / Inv yg selalu merugi ..tanggapan bpk ?
zhillanmujiran: ada istilah lebih baik jadi E / SE yg selalu untung daripada BO / Inv yg selalu merugi .tanggapan bpk?
budi_rachmat: yang penting buat saya adalah CASHFLOW.... sedangkan ROI (Return of Investment) hanya sebagai patokan apakah biz tsb akan mengembalikan modal saya atau tidak.....
budi_rachmat: pak zhillanmujiran...... lebih baik biz yang menguntungkan....
nickname_d4n1: lebih baik yg langsung dimulai
budi_rachmat: kenapa saya memulai dengan
budi_rachmat: kenapa saya memulai biz dengan "take-over" Alfamart..... karena saya mau nya yang pasti untuk.....
budi_rachmat: sedangkan.... jika saya start dari awal..... belum tentu menguntungkan.....
hasan_basri89: Pak Budi saya dengar juga paralel nggarap kos2an, bagaimana mengatur fokus dgn usaha miningnya?
budi_rachmat: saya masih nyari kost2an.... tapi belum dapat..... fokus saya di INCOME bukan "melakukan biz" nya....
nickname_d4n1: Mining ga memusingkan Pak? dengan tetek bengek birokrasi, masalah masyarakat lokal dan ketidak pastian usaha lainnya?
bigthinks: monggo mbak dilla
budi_rachmat: memusingkan apa tidaknya bergantung dari "sikon".... kebetulan yang saya lakukan saat ini masyarakat nya sangat kooperatif....
bigthinks: mas dani punya pengalaman seru di minning pak
nickname_d4n1: :)) nyindir?
rizalek: maaf tanya ... capital awal utk take over "alfamart yg sdh jadi" ... drmana? ... sorry too naif pa Budi ... utang atau bantingan ... :-)
arianto.bagus: :))
zhillanmujiran: :))
arianto.bagus: mining banyak mafianya pak? :D
budi_rachmat: Alfamat ke-1, modalnya saya milik saya sendiri.... Alfamart ke-2, modalnya dari bank dengan menjaminkan 2 properti sewaan yang saya miliki.....
bigthinks: pak budi temen2 mungkin ingin mengingatkan aja
bigthinks: minning resikonya tinggi
nickname_d4n1: Kalo udah ada passive income lumayan, bukannya lebih enakmain minyak Pak? daripada Mining?
bigthinks: ada temen eu malang ilang 500 jt
budi_rachmat: mafia dimana2 sich ada aja....
bigthinks: padahal duit itu pesangon beliau dari kerja bertahun2
bigthinks: mungkin bisa jadi masukan
didikekotjahjono: ilang dimana mas priyo?
cancan_nur: mohon ijin add pak budi..dan mau nanya apakah pak budi punya blog/web pribadi?
budi_rachmat: begini.... jika kita memiliki Catatan/Lap KEU ala KIYOSAKI.... relatif "save"....
bigthinks: ya ilang nggak jelas boz
nickname_d4n1: Iyah, kalo teknis mining emang gitu, kalo passive income udah stabil, mendingjangan main mining kalo ga ada backup kuat. Main Minyak aja- D2 atau Maut- relatif save...
nickname_d4n1: lanjut
budi_rachmat: ketika kita berinvestasi..... sebelum keputusan diambil kita bisa langsung tau.... hasil investasi ini ada dikolom INCOME atau tidak..... jika tidak maka ini adalah BO (biz oportuniti)....
arianto.bagus: mungkin miningnya cukup di tradingnya
budi_rachmat: pak Dani.... main di minyak.... maksudnya...???
nickname_d4n1: Trader minyak Pak Budi, lebih save daripada trader Mineral sebangsa kromit, batubara, bijih besi dsb
nickname_d4n1: Join/kongsi beli kapal Tanker kecil2an buat angkut antar pulau juga enak
hasan_basri89: Pak Budi, jika masuk di mining, bagaimana strategi keluarnya? apakah modalnya tersendiri terpisah dari akumulasi investasi lainnya jika ada loss?
budi_rachmat: minyak D2.... saya ngak nguasai....
nickname_d4n1: Bihthinks Pak Priyo Bu
segoliwet007: Salam kenal,
segoliwet007: mau tanya apa ada yg main batubara?
nickname_d4n1: sebelumnya D2/Solar kalo belom dipelajari juga belum ada yg tahu Pak Budi :)
budi_rachmat: hasan_basrin89.... jika masuk mining.... lebih pada bagaimana komitmentnya bukan pada strategy keluarnya.....
nickname_d4n1: kebanyakan orang latah main di batubara dan kawanya
nickname_d4n1: berat medannya
nickname_d4n1: betul itu, komitmennya daripada exit strategy nya-
arianto.bagus: belum lagi kuat2an modal di pabrik yg bayarnya molor
bigthinks: lanjut pak budi
nickname_d4n1: Bayar molor :)) kebiasaan orang sini
budi_rachmat: klo INCOME nya udah lebih besar daripada EXPENSES nya..... mau yang untung2an.... yang oportuniti..... ngak pa2....
nickname_d4n1: lanjut pak Budi
budi_rachmat: nah.... apa yang saya kerjakan.... adalah "mencari" Massive Income...... klo berhasil..... "quantum leap".....
nickname_d4n1: :) jadi inget ceritanya Kiyosaki juga.... Ada Gap antara kaya dan ultra kaya... )
budi_rachmat: seperti apa gap nya pak....
nickname_d4n1: bukankah perbedaan ada di mental Pak Budi?
nickname_d4n1: menuju ultrakaya itu seperti take a big risk and lose A LOT (potentially)
imelnya_muksin: pak cabut dl smuanya
imelnya_muksin: :D
nickname_d4n1: Misal, bila mungkin pak Budi berminat memilki tambang minyak
nickname_d4n1: biaya explorasi, boring dsb memang sangat banyaakkk.... tapi BILA JALAN, anda langsung memasuki level ultrakaya
budi_rachmat: yap... saya berminat dengan tambang minyak....
nickname_d4n1: bila TIDAK....
nickname_d4n1: .......... ndak tau :">.... ini yg tadi saya mention, GAP mental...
nickname_d4n1: berani ndak .....
budi_rachmat: saya sendiri tidak merasakan gap mental untuk saat ini..... dulu....waktu mau mutusin untuk keluar dari kerjaan.... ya.... mentalnya down banget....
bigthinks: nah ini menarik pak
bigthinks: waktu mau mutusin untuk keluar dari kerjaan.... ya.... mentalnya down banget....
budi_rachmat: biz minyak dan tambang sama aja.... persiapannya lama dan makan biaya.... jika berhasil....Luarrr biasaaaa....
bigthinks: kenapa pak?
nickname_d4n1: Luar biasaa memang Pak.... Sama seperti tahapan ultrakaya dibuku Kiyosaki y dibagian waktu dia mau invest di tambang dan ketemu temennya yg punya tambang emas :)
budi_rachmat: ya takut pak Priyo.... takut melepaskan "yang udah pasti" dan untuk mengejar "yang belum pasti"..... tapi karena saya memiliki ALASAN yang menggerakan, mangkanya saya HARUS ambil keputusan.....
arianto.bagus: ya sifatnya bisnis eksploitasi alam memang begitu, resikonya besar karena biaya survey, biaya sounding, dst itu tidak selalu menemukan......... jadi kalo berhasil ya hasilnya harus besar
nickname_d4n1: PASTI besar
nickname_d4n1: kalo ndak, ya kaya nasibnya LAPINDO
arianto.bagus: sy pribadi belum baca kiyosaki, wegah pak, tebel banget :D
rizalek: iya .. dngerin pak Budi aja .. trs jalan daah ...
budi_rachmat: YFI.. saya mengupayakan biz mining ini selama 3tahun sampe sekarang.... jadi selama 3tahun tsb hanya ada CASH OUT..... bagaimana bisa....????
arianto.bagus: cukuplah dari mendengar cerita2 dari pak Budi spt sekarang ini
budi_rachmat: karena memiliki PASSIVE INCOME....
didikekotjahjono: dah cashout brp banyak pak 3 thn ini?
nickname_d4n1: :) pilihan bijaksana Pak
budi_rachmat: kurang lebih 20-30juta per bulan....
nickname_d4n1: Kalo mau ambil langkah besar, minimal siapin Jaminan biar kalo nyungsep ga jatuh2 amat :)
hasan_basri89: saya kihat koilaburasi cantik antara Pak Dani dan Pak Budi, Pak Dani sudah kenyang di dalam dan sekarang menyiapkan amunisi, Pak Budi punya amunisi dan sedang ke dalam..:)
budi_rachmat: setuju pak d4n1.... saya ada dana untuk anak saya yang tidak pernah saya sentuh....
bigthinks: saya mengupayakan biz mining ini selama 3tahun sampe sekarang.... jadi selama 3tahun tsb hanya ada CASH OUT.... kurang lebih 20-30juta per bulan....
bigthinks: ini pelajaran penting buat temen2
nickname_d4n1: Sakjane agak kebanyakan kalo 3 taun keluar segitu terus
didikekotjahjono: Didik Eko Tjahjono: dah cashout brp banyak pak 3 thn ini?
budi_rachmat: kurang lebih 20-30juta per bulan.... <<< oak, ini cashout berupa investment (beli modal) apa berupa pengeluaran rutin aja? ga di bujet ya pak?
didikekotjahjono: kok sampe cashput mulu?
bigthinks: gimana pak budi?
bigthinks: saya ada dana untuk anak saya yang tidak pernah saya sentuh....
bigthinks: ini juga penting buat karyawan y pengen resign
didikekotjahjono: wb pak budi...
budi_rachmat: sorry.... tadi sempet hang.....
bigthinks: ok pak lanjut
budi_rachmat: apa yang saya kerjakan adalah "game" saya....
rizalek: intinya kl bisa konversi semua libility jd asset ya pak Budi ...
budi_rachmat: menarik juga memiliki "game" sendiri.... padahal sebelumnya selama 15tahun saya bekerja..... hanya ikut "arus" aja..... sekarang mengejar "arus" sendiri....
rizalek: mbl pribadi direntalin, jd cicilan dianggung penyewa ...
rizalek: :-)
rizalek: IMHO pa Budi ..
bigthinks: Didik Eko Tjahjono: dah cashout brp banyak pak 3 thn ini?
budi_rachmat: kurang lebih 20-30juta per bulan.... <<< oak, ini cashout berupa investment (beli modal) apa berupa pengeluaran rutin aja? ga di bujet ya pak?
Didik Eko Tjahjono: kok sampe cashput mulu?
budi_rachmat: memindahkan sebanyak mungkin dan sebisa mungkin yang di LIABILITI menjadi ASSET..... tapi tidak semuanya bisa dipindahkan....
nickname_d4n1: Memang Menarik Pak Budi :) salah satu cita2 saya juga itu memiliki game sendiri dan aset yg bekerja buat saya ;;;
budi_rachmat: kewajiban kepada keluarga (istri dan anak) adalah Liabiliti (yang menyebabkan uang keluar) yang tidak bisa dipindahkan..... yang penting kita tau.... INI menyebabkan uang masuk.... dan ITU menyebabkan uang keluar.....
nickname_d4n1: baru kemudian, sebagai pribadi, MINIMAL, saya bisa melakukan sesuatu yg berarti buat Bangsa kita ini.....
bigthinks: lanjut pak konsep nya
budi_rachmat: Cash out melulu.... karena memang mining nya belum menghasilkan..... rencananya, mudah2an..... mid tahun depan udah mulai "panen".... insya Allah...
bigthinks: amien pak
rizalek: sukses ya pak ...
bigthinks: ada pertanyaan lain u pak budi???
budi_rachmat: pak Hasan and all...,

saya SIAP....!!!

jam 11.00, maksudnya jam 11.00 malam khan atau jam 23.00 khan...??
klo siang, saya ngak bisa....
mohon konfirmasinya....


PENGANTAR....

Rangkuman pemahaman saya mengenai kiat2 menjadi KAYA ala KIYOSAKI...., adalah sbb;

1. Memiliki TUJUAN yang jelas.
dalam hal ini tujuannya untuk menjadi KAYA (secara financial)....
KAYA adalah kondisi dimana kita memiliki PASSIVE INCOME min 3x > daripada EXPENSES >>> FF = PI > 3 E.

FF = Financial Freedom
PI = Passive Income
E = Expenses

Fokusnya, meningkatkan INCOME atau tepatnya meningkatkan PASSIVE INCOME.

2. MELEK Financial.
memiliki catatan KEU ala KIYOSAKI....,

kinerja suatu badan usaha (PT, CV dsb.dsb.) hanya bisa dilihat dan diukur dari catatan KEU-nya....

dengan memiliki C
didikekotjahjono: hmmm...
bigthinks: nah itu konsep bisnis pak budi
didikekotjahjono: untuk passive income semntara "ditahan" ya pak?
didikekotjahjono: ga ditambah lagi portofolio nya? cukup 2 alfamart dan 2 apt?
budi_rachmat:
2. MELEK Financial.
memiliki catatan KEU ala KIYOSAKI....,

kinerja suatu badan usaha (PT, CV dsb.dsb.) hanya bisa dilihat dan diukur dari catatan KEU-nya....

dengan memiliki Catatan KEU ala KIYOSAKI....
maka kita tau bagaimana posisi/kondisi KEU ataupun investasi.

dengan memiliki catatan KEU ala KIYOSAKI....
kita tau posisi total INCOME dan Total EXPENSES....,
hal ini berhubungan dengan point ke-1 di atas....

yaitu setelah kita tau berapa Expenses kita, maka kita bisa/dapat menetapkan berapa target INCOME kita yang harus dikejar....

atau setelah tau berapa total Expenses kita, maka untuk menjadi KAYA kita harus memiliki INCOME (mulai dari Active dan Passive) sebesar 3x > daripada Expenses.

catatan KEU ala KIYOSAKI, terdiri dari 2 catatan, yaitu;

a. catatan Cash
budi_rachmat:
catatan KEU ala KIYOSAKI, terdiri dari 2 catatan, yaitu;

a. catatan Cashflow / arus-kas, terdiri dari catatan INCOME dan catatan EXPENSE...

b. catatan Harta, terdiri dari catatan ASSET dan catatan LIABILITI....

prinsip-nya sangat simpel.....

- yang disebut ASSET, hasilnya ada di kolom INCOME....
- yang disebut LIABILITI, hasilnya ada di kolom EXPENSES...

3. Konsep "CASHFLOW QUADRANT" atau Kuadran E,S,B dan I.
sumber income kita bisa dibagi kedalam 4 kuadran tsb.
dan ke-4 kuadran tsb "menceritakan" bagaimana hubungan INCOME yang kita peroleh dgn WAKTU yang kita miliki.... atau WAKTU yang kita gunakan untuk memperoleh INCOME tsb....

Kuadran E (Employee = karyawan)....
Kuadran S (self-employee = dokter, artis, olahragawan, pemilik biz kecil)...
Kuadran B (big biz = bi
budi_rachmat:
Kuadran E (Employee = karyawan)....
Kuadran S (self-employee = dokter, artis, olahragawan, pemilik biz kecil)...
Kuadran B (big biz = biz yang punya sistem)....
Kuadran I (investor = uang yang berkerja untuk kita).....

Income/pendapatan dari kuadran E dan S.... sangat berhubungan dengan waktu yang kita gunakan untuk mendapatkannya...
>>> disebut ACTIVE INCOME...

Income/pendapatan dari kuadran B dan I.... tidak berhubungan langsung dengan waktu yang kita gunakan untuk mendapatkannya...
>>> disebut PASSIVE INCOME...

Dengan memahami masalah ACTIVE dan PASSIVE Income....
kita bisa mengukur kemampuan kita....
ternyata ada juga income yang diperoleh secara PASSIVE..

klo kita hanya mengejar ACTIVE income saja.... maka waktu kita sangat terbatas... kita semua memiliki waktu
bigthinks: http://www.richdad.com/Forum/forum.aspx?g=posts&m=1343200#1343200
bigthinks: konsep tadi bisa juga diliat di situ
budi_rachmat: iya benar juga pakk.....
bigthinks: ada y mau nanya lagi ke pak budi?
didikekotjahjono: saia....(ngacung)
bigthinks: ok boz
didikekotjahjono: ...poak budi berarti yg passive incomenya portofolionya sementara ditahan ya?
didikekotjahjono: ga nambahinvest lagi beli dgn dah "cukup" memiliki 2 alfamart dan 2 apt?
budi_rachmat: maksudnya "ditahan"....???
didikekotjahjono: ditahan = tidak eskpansi
didikekotjahjono: ekspansi
budi_rachmat: ya.... ditahan dulu.... tidak eskpansi....
didikekotjahjono: knp pak?
budi_rachmat: target saya memiliki 3 unit Alfamart (sekarang baru 2 unit) dan 3 properti sewaan (sekarang baru 2 unit).....
didikekotjahjono: dari 2 apt dan 2 alfamart itu sendiri sebenarkan kan sudah bisa beranak pinak dgn sendirinya, dari akumulais keuntungan? sehingga akan memeprbesar passive income bpk?
budi_rachmat: memang ada pilihan.... mo nerusin "pelan2".... atau "melompat".... saya pilih "melompat".... dan keduanya memiliki resiko masing2.....
bigthinks: "melompat" ya pak
didikekotjahjono: hehe ok
adib.munajib: Dear cak Prio dan all, saya off dulu, terimakasih sudah diinvite....., xie xie...
bigthinks: ok mas adib
rizalek: kan mo ultra rich mas didik ...
bigthinks: sukses ya mas adib
bigthinks: pendekatan pak budi expense
bigthinks: tekniknya melompat
bigthinks: wah ini menarik
bigthinks: piye cak bukhin???
didikekotjahjono: @riza..yoi boss..masing2 ada konsekusnsinya tinggal mau pilih yg mana
nagudz: Bapak2 saya juga mau off, thanxz atas midnight conference nya yg sangat berguna...:-h Pak Budi, Pak Didik, Mas Can, dan semuanya ....
bigthinks: ok mas ... sukese ya!
didikekotjahjono: @heru..gudnite
nagudz: :-h mas Priyo...
bigthinks: gimana y lain?
bigthinks: mau diterusin or gimana?
rizalek: masih setia pak ...
rizalek: :-)
zhillanmujiran: terus aja pk
hasan_basri89: Lanjut...begitu PAk Budi?
didikekotjahjono: @mas priyo sbg moderator dan pak budi..saya juga mau pamit, besok pagi jam 8 ada meeting id kantor, termakasih banyak untuk pak bud yg telah luangkan waktunya...daaa untuk semua :-h
bigthinks: mulai panas ya mas eko?
hendy0903: terusin pak..:)
bigthinks: ok cak didik
bigthinks: sukses ya
hendy0903: makasih mas didik..gud nait..
bigthinks: pak budi ada y mau disampaikan lagi?
budi_rachmat: saya rasa udah segitu aja pak Priyo.....
bigthinks: ok pak budi
bigthinks: terima kasih waktunya
hendy0903: makasih pak budi..
budi_rachmat: sama2 dan semoga bermanfaat..... pamit dulu.....
rizalek: wah excellent confrence ...
bigthinks: ok pak budi
bigthinks: selamat malam
zhillanmujiran: trmksh n sukses slalu pak budi
hasan_basri89: terima kasih sebesarnya Pak Budi, very inspiring sharing Pak...
bigthinks: jangan kapok ya pak
hasan_basri89: Next YM conference bisa Cak Bukhin nih, kapan ya?
bigthinks: iya nich
bigthinks: cak bukhin piye?
bigthinks: tapi agak sorean ya
bigthinks: bisa juga sabtu or minggu siang
bigthinks: sambil nunggu buka puasa
bigthinks: kapan cak bukhin?
zhillanmujiran: ba'da taraweh..>jam 8
nickname_d4n1: Saya pamit juga Bos Bos sekalian...
bigthinks: :-h
bigthinks: sukses mas dani
bigthinks: ok lah
nickname_d4n1: Sama Sama Bos2 sekalian
bigthinks: kita tutup dulu conference kali ini
hendy0903: makaih bapak-bapak..saya juga pamit dulu..
bigthinks: terima kasih temen2 telah mau gabung
rizalek: wassalaaaamu'alaikum semua ...
zhillanmujiran: pamit jg semua..sukses...thanks 4 conferencenya..
cancan_nur: terimakasih semua

1 komentar:

priyo husodo mengatakan...

wah, makasi mas hasan udah mau sibuk bikin copy materi conference ini ... sukses ya!