Rabu, 28 Mei 2008

Financial Freedom ala Tukang Becak (pilihan hidup yang menarik)

Aduh, bagaimana ya mengatakannya, saya merasa "kena pukulan TKO" setelah mengetahui hal sebenarnya. Begini ceritanya:

Namanya Mang Ihin, tapi lebih dikenal dengan nama Doyok, karena mukanya mirip dengan pelawak terkenal itu. Sehari-hari adalah tukang becak dan tinggal di kontrakan loteng (lantai 1). Setiap malam nongkrong tepat di depan rumah. Rupanya penampilan sering membuat persepsi kita keliru. Dan ternyata kegiatan menarik becak hanyalah pengisi waktu saja, tidak mencari-cari penumpang, kalau ada ya, tariikk. Lho kok?

Yang Pak De (PD, saya memanggilnya) lakukan sangat sederhana namun dilakukan secara disiplin. Sejak SD kelas 6 sudah melaut ke Makasar sampai mendapat jodoh disana. PD selalu menyisihkan kurang lebih 10% untuk dibelikan barang atau dititipkan mertuanya. Hingga sebelum kembali ke Jakarta bisa membeli kapal penangkap ikan kecil. Operasionalnya PD serahkan ke mertuanya. Pada saat PD menceritakan pengalamannya, kapalnya sudah beranak menjadi dua. Dahsyat juga nih "tukang becak".

Begitu juga saat kembali ke jakarta, PD tidak membeli rumah sampai sekarang untuk keluarganya. Lebih suka mengontrak. Kerjanya pun serabutan. Dari menjadi kuli pelabuhan, bangunan sampai penjaga rumah pejabat polisi. Namun prinsip menyisihkan didepan sebesar 10% ini secara disiplin terus dilakukan.
Setelah cukup terkumpul, dibelilah tanah sawah di daerah babelan bekasi yang ada buah2-an terutama Rambutan dan mangga dengan pertimbangan lebih tahan terhadap cuaca.
Cara merawat tanah + pohonnya pun cukup sederhana dan smart juga. PD membangun gubuk sederhana+ listrik untuk ditinggali penjaga. Keuntungan hasil panen buah2-an dibagi 2 antara penjaga dan PD, dengan demikian tidak ada pengeluaran untuk gaji dsb.

Posisi sekarang, sudah memiliki 2 kapal ikan kecil dan 5 petak sawah berpohon. Hampir tiap dua tahun kesempatan untuk Haji diberikan kepada mertua atau saudaranya dari hasil passive income tadi.

Wah Ilmunya Pak Budi Rahmat sudah diterapkan nih sama PD, si tukang becak..

Salam,

Hasan Basri

| http://hasanbasri.com | mail: habe.inc@gmail.com | 0811-826362 |
http://grosirtanahabang.com (dibuka Program keagenan GTA)
http://workshopedan.com ( next seminar event with RYL-AMA-DKI, 28 Juni 2008)

Tidak ada komentar: