Minggu, 18 Mei 2008

Persistensi

Ini adalah judul yang menjadi intisari langkah saya dalam berbisnis. Meskipun saya lulusan dari universitas ternama, lulusnya juga karena emosional dan termasuk mahasiswa abadi,bukan karena kemampuan IQ.


Saat masuk ke PT itu juga karena emosional dan sakit hati karena tetangga saya, yang menjadi dosen di PT, meremehkan dan merendahkan kemampuan saya. Dan saya buktikan bisa, meskipun harus berdarah-darah...

Begitu juga dalam berbisnis, saya lakukan bukan karena saya pintar dan berpengalaman, tapi karena satu kata yang menjadi judul posting ini, "persistensi", kesabaran dan selalu mencoba untuk lebih maju. Sering saya lakukan try dan error dalam menciptakan bisnis alih-alih melakukan busines plan sebelum memulai.

Berikut adalah business history yang pernah saya lakukan:
1. Membuka penerjemahan, tutup setelah 3 bulan.
2. Jual koran dan majalah, tutup setelah 4 bulan
3. Buka cafe, tutup setelah 15 bulan
4. Membuka EO, star synergi, tutup setelah 6 bulan.
5. Franchise Primagama Jakarta Selatan, tutup selama 6 bulan
6. Raja Laundry, tutup setelah 6 bulan.
7. Habe Cell, grosir voucher, aktif
8. Bergabung dengan Khairul & Widodo membuka Citra Lestari Cell, Rorotan, Aktif
9. www.grosirtanahabang.com, join venture dengan Pak Edi Toko Alifia, Aktif
10. www.workshopedan.com, autorized workshop EDAN wilayah Jakarta, Aktif

Dari bisnis2 yang telah saya jalankan, pendekatan yang saya lakukan tidak ada yang canggih karena saya termasuk "bodoh" secara IQ, namun pendekatan yang saya lakukan adalah persistensi atau kesabaran untuk mencoba, mencoba dan mencoba..

Ibarat batu, sekeras apapun kalau ditetes dengan air terus menerus akan bolong juga. Di bisnis cellular saya bertemu Cak Bukhin, di Bisnis EO saya ketemu Pak Sopa dan di bisnis garmen saya ketemu Pak Edi.

Jadi jika kondisi anda sama atau lebih secara IQ , maka peluang anda lebih sukses jauh lebih besar.

Salam,

Hasan Basri

1 komentar:

firdaus mengatakan...

salam kenal pak hasan.

mantap nih historynya,buat pembelajaran saya juga.
terima kasih.

sukses slalu