Rabu, 02 Juli 2008

Bagaimana magang yang benar...

Salah satu cara untuk mempercepat pembelajaran bisnis adalah melalui magang. Di TDA, Pak Edi S Kurniawan adalah ikon yang telah sukses setelah magang 3 bulan di toko Pak Haji Ali dan sekarang diamanahi memegang Toko perlengkapan bayi "ALIFIA" ( www.grosirtanahabang.com).

Cara magang ini juga saya gunakan setelah menemukan diri ini ternyata bukan orang kreatif..:) , untuk mempercepat pembelajaran bisnis, untuk mempelajari bagaimana menemukan deal "untung diawal", untuk berpikir ala Bankir.

Bedanya dengan Pak Edi yang full time, saya selalu magang dimanapun kesempatan silaturahim berada ke setiap rekan yang dijumpai. Kalau dulunya malu2 untuk tanya ini-itu, sekarang mengalir begitu saja, bahkan untuk pertanyaan yang bodoh dan mendasar sekalipun.
Belajar dari Pak Hadi Kuntoro, untuk memutus sedikit urat malu saya, untuk silaturahim, belajar dan belajar..

Dari pengalaman pribadi dan pengamatan kepada rekan2 yang magang ada beberapa hal yang bisa menjadi rujukan magang yang berhasil:

1. Magang haruslah dalam posisi sejajar. Anda belajar ilmu, bukan belajar jadi karyawan. Anda tidak berhak untuk mendapat gaji, meskipun seharian ikut menjaga toko. Di sisi lain, anda bebas untuk belajar tanpa beban, memilih topik apa yang belum anda pahami. Jika anda menuntut bayaran, tentu anda tidak mempunyai daya tawar dan tidak bisa bebas untuk tanya ini-itu. Anda magang untuk membuat bisnis, bukan untuk menjadi karyawan.

2. Untung di awal. Lho kok? kan tidak digaji? Anda ingin berbinis kan? bukan jadi karyawan? dengan magang anda mempercepat pembelajaran bagaimana menjalankan bisnis dengan benar. Anda akan dengan cepat mempelajari bagaimana nantinya memulai bisnis dan menjalankannya. Itu artinya anda akan mengetahui bagaimana mendapat untung di depan. Membuka bisnis barulah taraf bisnis opportunity, dengan magang anda akan mempercepat perolehan keuntungan di depan.

3. Jalan pintas berbisnis. Membuka bisnis dan merasakan sendiri jatuh bangun, memerlukan waktu bertahun-tahun untuk berhasil. Kenapa tidak belajar dulu kepada yang sudah terbukti sukses. Ilmu lapangan mereka selama bertahun-tahun dapat diserap dalam waktu yang lebih pendek. 3 bulan untuk pengkondisian dan beberapa bulan kemudian untuk praktek.

4. Pilihkan pengusaha yang paling sukses untuk tempat anda magang. Dengan menjadi bagian dari lingkungan mereka melalui magang, otomatis anda akan masuk dalam jaringan bisnis. Relasi anda bertambah, kapasitas anda juga bertambah.

5. Bermanfaat bagi pemberi magang. Pebisnis sukses sangatlah sibuk. Berilah nilai tambah bagi mereka karena menerima anda. Bantulah sesuai kemampuan anda. Jangan sekali-kali meminta bayaran. Dengan demikian mereka akan senang dan akan memberikan semua ilmunya kepada anda.


Semoga bermanfaat.

Salam,

Hasan

| http://hasanbasri.com | mail: habe.inc@gmail.com | 0811-826362 |
http://grosirtanahabang.com (dibuka Program keagenan GTA)
http://workshopedan.com ( Alhamdulillah seminar event with RYL-AMA-DKI, 28 Juni 2008 terlaksana dengan sukses)




Tidak ada komentar: