Rabu, 02 Juli 2008

(Business Start-up) Menjadi "follower" ternyata lebih menjanjikan..

Sebelumnya mohon dimaafkan. Saya sedang tidak memperdebatkan idealisme di sini. Hanya sharing pandangan praktis versi saya saja. Dimaafin ya..:)

Ya, pandangan ini telah menjadi acuan saya jika masuk/membuat bisnis baru. Sebelumnya saya selalu memulai dengan proses kreatif, menemukan peluang dan menggarapnya dengan asumsi sendiri. Namun terbukti pengetahuan, sarana dan network saya tidak cukup untuk mempertahankannya dan akhirnya satu persatu tutup...!

Setelah sedikit merubah cara pandang dan meniru pola pikir Bankir, saya menerapkan metoda ATM dengan sedikit modifikasi, cukup beda sedikit. Jika masuk ke bidang yang sama dengan pasar yang besar, tidak harus menjadi nomor satu. Cukup menjadi nomor 8,9 bahkan 19. Sebagai pemain yang datang belakangan, sedikit mendapat bocoran pangsa pasar dan bisa menghidupi overhead, sudah LEBIH DARI CUKUP untuk memulai. Jika ingin berkembang lebih lanjut tentu metodanya akan lain.

Ada beberapa keuntungan dengan menjadi follower:

1. Anda bisa belajar dari kesalahan orang lain. Tentu ongkos belajar anda jauh lebih sedikit. Dengan awalan yang baik, semangat dan antusias anda juga bertambah besar.

2. Anda mempunyai banyak pilihan untuk bersaing karena anda....
Tidak perlu mempunyai modal atau stok besar! Jika anda memulai bisnis dengan menyimpan stok, anda berasumsi dagangan anda akan laku, pada kenyataannya tentu lain, diperlukan persyaratan2 tertentu agar stok anda terjual.
Dengan menjadi followe anda bisa memilih untuk lebih besar, lebih murah atau berbeda.

3. Dengan menjadi follower anda berpikir dalam kerangka pola pikir Bankir. Berbisnis untuk suatu hal yang sudah pasti dan untung di awal. Minimal memilih bisnis yang sudah teruji di lapangan.

4. Umur berbisnis (Cashflow) anda akan lebih lama. Ya, karena anda memilih untuk berbisnis yang untung di awal maka cashflow anda terjaga untuk menjaga kelangsungan bisnis tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Hasan

| http://hasanbasri.com | mail: habe.inc@gmail.com | 0811-826362 |
http://grosirtanahabang.com (dibuka Program keagenan GTA)
http://workshopedan.com ( Next event 27 Juli 2008, di Hotel Sofyan Betawi. Harga EB Rp 550rb)
Ikuti workshop Property JREI, 2-3 Agustus 2008 di Gran Flora Kemang, limited seat, Hub: 0811-826362!

Tidak ada komentar: