Jumat, 19 Desember 2008

[Business start-up tips] Investasi atau berbisnis pada saat ini?

Sejak membaca bukunya Dolf De Ross, Guide Rich in Property, saya banyak terpengaruh dengan pemikirannya terutama pandangannya yang selalu positif terhadap "setiap keadaan", seperti : Jika kompetisi sedang penuh adalah baik buat kita karena kita tidak akan terjeblos dengan harga yang jelek dan sebaliknya, jika kompetisinya sedikit, malah lebih baik karena kita lebih mudah masuk pasar.

Mensikapi kondisi awal krisis keuangan saat ini dimana volume bisnis cenderung menurun bahkan bagi perusahaan multinasional yang pangsa pasarnya di US dan eropa, justru...adalah kesempatan sangat baik untuk masuk di investasi.

Berbisnis adalah bermain di Cash flow sementara berinvestasi adalah mengharapkan Gain.

Kenapa saat ini waktu yang tepat untuk berinvestasi:
1. Pada saat krismon, pemilik Cash adalah raja.Banyak orang BU ( butuh uang ) disebabkan bisnisnya macet, ada tagihan jatuh tempo atau karena bunga hutang yang tinggi.
2. Property. Saat inilah anda membuka mata untuk melihat penawaran property dengan harga bagus, harga yang bisa didiskon. Motivasi penjual sedang tinggi2-nya saat ini disebabkan item 1 diatas.
3. Saham. Saat ini harga saham sedang tergerus pada nilai yang sangat rendah.Index terdiskon hampir 50% dibandingkan awal januari 2008.Pemain bursa seang bergairah karena pergerakan saham yang sangat fluktuatif mengikuti isu-isu global. Kecenderungan yang terjadi Jika index DJI (-) dan Asia (-) maka JCI akan (-) dan kebalikannya.Namun jika DJI (-) dan Asia (+) bisa 50:50 (- atau +).
4. Bisnis.Fokusnya adalah di capital gain. Banyak orang menjual bisnisnya karena kesulitas likuiditas. Anda bisa men-take over franchise bisnis yang sehat saat ini dengan harga diskon.

Semoga bermanfaat, mohon maaf jika tidak berkenan.

Salam,

Hasan Basri

Tidak ada komentar: