Sabtu, 07 Juni 2008

Justru saat pasar menurun, tingkatkan promosi/iklan

Umumnya kita melakukan promosi pada saat pasar sedang berkembang atau sedang laris. Kue pangsa pasar yang sedang laris/berkembang dapat kita ambil sebagian dengan melakukan promosi ini. Kebalikannya, Pada saat sedang sepi dan pasar menurun, kita ketatkan ikat pinggang dengan memangkas pengeluaran2 termasuk untuk iklan/promosi.

Ternyata pembeli atau masyarakat kita termasuk pelupa. Dengan cepat mereka akan beralih ke produk2 baru apalagi jika harganya dirasakan lebih murah.
Dengan melakukan iklan/promos,i kita mengingatkan mereka untuk tetap berhubungan dan membeli ke toko kita.

Ada beberapa hal lagi yang memperkuat betapa pentingnya melakukan iklan justru di masa sulit:

1. Iklan adalah LOA juga. Ini seperti memesan tempat di benak calon pelanggan anda. Jika anda rutin untuk melakukan promosi, tentu akan ada calon pembeli yang jika "frekwensi"nya( kebutuhannya) pas, akan membeli ke kita.

2. Meningkatkan kompetisi. Sebagaimana diketahui, pesaing2 biasanya menurunkan anggaran iklan pada saat pasar menurun. Dengan tetap beriklan, posisi anda relatif di depan atau menjadi market leader. Bahkan meskipun dalam skala kecil, perbedaan sedikit dari yang anda lakukan dibandingkan pesaing akan memberikan perbedaan besar.

3. Menjaring pembeli baru. Selalu ada pembaca iklan dan calon pembeli baru yang muncul. Dengan tetap beriklan, anda bisa menggiringnya ketempat anda lebih dulu.

4. Menjaga kontinyuitas Cashflow keuangan. Dengan tetap beriklan di masa sulit. Pelanggan anda mungkin belum melakukan transaksi karena kesulitan keuangan. Namun mereka akan terus mengingat anda karena iklan/promosi ini. Jika kondisinya membaik maka toko andalah yang akan dituju.

5. Menjaga kontinyuitas Cashflow mental anda. Ini hal terpenting dalam berbisnis. Dengan tetap beiklan, anda selalu melatih mental anda untuk terus melakukan aktifitas bisnis secara kontinyu. Bisnis akan berkembang jika anda terus bergerak.

Pengalaman saya mengageni workshop E.D.A.N. sejak 2007 dan membuka grosirtanahabang.com sejak 2006, memberikan peluang-peluang baru yang muncul dikarenakan tetap melakukan iklan di masa sulit. Banyak pelanggan baru datang bukan karena membaca iklan secara langsung, mereka mereferensikan ke teman atau koleganya yang dirasa lebih perlu.

Jadi, jaga Cashflow anda dengan tetap beriklan di masa sulit.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Hasan

| http://hasanbasri.com | mail: habe.inc@gmail.com | 0811-826362 |
http://grosirtanahabang.com (dibuka Program keagenan GTA)
http://workshopedan.com ( next seminar event with RYL-AMA-DKI, 28 Juni 2008)

Tidak ada komentar: