Rabu, 28 Mei 2008

Dalam berbisnis nomor satu adalah Belief, sisanya adalah detail saja..

Belief, Kata-kata ini sangat menggangu saya, terutama karena yang menyampaikannya adalah Pak Roni http://manetvision.com. Mudah diucapkan namun tidak tahu bagaimana mengaplikasikannya dalam berbisnis. Demikian juga saat ketemu Pak James, jagoan property, malah lebih ekstrem. Cara belajarnya cukup mengambil belief dari modelnya. Saat Pak James menerima Belief: berbisnis dengan modal NOL, saat itu pula daya upaya dan fokus diarahkan kesana.

Pada sesi training motivasi yang pernah saya ikuti,hal ini sering disampaikan dan diberi penekanan tersendiri, betapa pentingnya menentukan Belief ini karena, jika sudah ditemukan, sisanya hanyalah masalah detil saja.

Bisnis GTA saya memerlukan waktu hampir 2 tahun sebelum benar2 bisa eksis. Saat memulai buka Toko di Metro Tanah Abang dan berjalan 1 tahun off-line kemudian 1 tahun hanya on-line saja, penjualannya tidak menjanjikan, meskipun membawa jargon Tanah Abang. Yang membuat saya bertahan adalah pemikiran ( keyakinan = Belief ) adalah saya belum menemukan partner yang tepat. Jadi sambil tetap menjalankan usaha on-line tersebut, saya selalu pasang antena dan kewaspadaan terhadap peluang-peluang yang muncul sekecil apapun itu. Dan setelah ketemu Pak Edi - Toko Alifia, hal itu terjawab sudah.

Demikian juga saat ingin membuka bisnis voucher dan bermain di level grosir dengan modal kecil alih2 bermodal besar seperti umumnya pemain lama, Belief saya meyakinkan pasti ada caranya. Setelah belajar langsung kepada raja Voucher, Cak Bukhin dan survey langsung ke pusat grosir, ternyata bisa juga bermain di level grosir dengan modal kecil.

Jadi urutan pendekatan yang selama ini saya lakukan, akhirnya saya balik. Alih-alih mengekor ke pasar dan mengikuti peluang2 yang timbul, saya tetapkan Tujuan, saya yakini Belief tersebut, dan fokus dan upaya akan mengikuti.

Salam,

Hasan Basri
http://hasanbasri.com
http://grosirtanahabang.com ( dibuka program keagenan)
http://workshopedan.com (next event 28 Juni 2008 with RYL-AMA DKI)

1 komentar:

priyo husodo mengatakan...

dream - passion - belief ... sinergi y bikin bisnis lebih punya makna ... sukses tinggal menunggu waktu ... insyaallah ...