Selasa, 10 Juni 2008

Do it with your own way

Sejak SMP saya menyukai membaca biografi orang2 besar. Meskipun banyak memberi motivasi, seringkali hal ini menimbulkan eforia sesaat.
Dalam berbisnis-pun, saya gampang terkesima oleh kisah sukses pengusaha. Karenanya bisnis saya mula2 juga karena ikut2-an sekedar meniru.
Yang pada akhirnya.... tutup.
Usaha terakhir yang saya tutup adalah franchise pendidikan di Jaksel.

Setelah saya renungkan, ternyata selain tidak punya kontrol sepenuhnya terhadap bisnis tersebut, ternyata inisiatif dan bagaimana menjalankannya tidak datang dari diri sendiri.
Saya hanya melihat permukaannya saja dari contoh pebisnis sukses tersebut. Karakteristik dan cara menjalankannya belum tentu cocok dengan gaya saya.

Sejak saat itu meski berbisnis dalam skala kecil, kontrol dan inisiatif harus saya sendiri yang menentukan. Dengan posisi dan kondisi yang ada, saya tentukan sendiri bagaimana menjalankan bisnis tersebut.

Profil saya cenderung Creator, senang membuat sesuatu namun kurang menyukai proses untuk memaintainnya. Karenanya saya selalu bekerja sama dengan yang lebih ahli atau terbaik di bidangnya. Umumnya karena keterbatasan waktu saya pilih yang bisa diremote seperti webstore atau melalui pendelegasian seperti usaha bagi hasil tiket.

Bisnis boleh apa saja, tapi andalah business ownernya.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Hasan

| http://hasanbasri.com | mail: habe.inc@gmail.com | 0811-826362 |
http://grosirtanahabang.com (dibuka Program keagenan GTA)
http://workshopedan.com ( next seminar event with RYL-AMA-DKI, 28 Juni 2008)

Tidak ada komentar: